32 Pasukan Khusus Zaman Dulu Yang Disegani Musuh

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,



so don't copy others and make it yours .
show your respect*

Sepanjang sejarah peradaban manusia, banyak masa-masa kelam dimana perang selalu terjadi. Karena hal ini juga yg jadi pemicu terbentuknya pasukan elite khusus dengan harapan bisa mempertahankan kerajaan / wilayah yg sedang dibela.

Bukan cuma zaman dulu aja, di sekarang juga kita sering ngeliat perang. Bedanya, perang zaman sekarang itu lebih modern karena udah pakai peralatan canggih kayak mesin tempur, pesawat jet, tank, dll.

Kebayang gak, kerennya pasukan khusus zaman dulu yg perang tanpa peralatan canggih? Ini mereka nih, 32 Pasukan Khusus Zaman Dulu Yang Disegani Musuh.

1. Knight Templar
Knight Templar
historyanswers.co.uk
Pasukan Knight Templar merupakan ordo militer Kristen yg paling besar sekaligus terkuat, mereka juga kadang disebut sebagai Para Perwira Miskin Kristus & Bait Solomo. Knight Templar dibentuk tahun 1119 oleh Hugh de Payens bersama 9 ksatria lainnya, sehabis Perang Salib I ditahun 1096 yg bertujuan untuk membantu melindungi Kerajaan Yerusalem, dan untuk menjamin keamanan peziarah Eropa ke Yerusalem. Markas besar Knight Templar ada di Gunung Bait Suci, yg sekarang dikenal Dome of the Rock dekat Masjid Al-Aqsa.

2. Persian War Elephant
Persian War Elephant
pinterest.co.uk/michellehardy90
Pasukan ini kekuatan utama bangsa persia, pernah mencatatkan sejarah dalam peperangan ngelawan Raja Alexander Agung. FYI, penggunaan gajah dalam perang tuh gak cuma bangsa Persia, tapi banyak kayak di daerah Mediterania, India, Sri Lanka, bahkan Eropa. Konfrontasi pertama lawan Raja Alexander Agung & gajah Persia terjadi di Pertempuran Gaugamela (331 SM). Waktu itu, Persia kerahkan 15 gajah untuk ikut perang. Hal ini cukup bikin Raja Alexander Agung & pasukan Macedonia kaget. Tapi sayang, gajah-gajah itu terlalu lelah karena udah cape dijalan, akhirnya mereka kalah. Tapi Raja Alexander Agung terpukau ama kekuatan itu, dia akhirnya ngambil gajah perang Persia itu & dijadikan sebagai pasukannya.

3. Hwarang
Hwarang
inquisitr.com
Hwarang (pemuda bunga) merupakan institusi kaum muda yg berkembang di zaman Kerajaan Silla (satu dari tiga kerajaan besar Korea) dari abad 6 sampai abad ke-10. Kelompok ini dilatih untuk jadi pemimpin di masyarakat lewat seni bela diri, disiplin diri, serta norma yg berlaku. Militer Korea ampe sekarang berpegang teguh ama etos Hwarang, dimana Hwarang itu pasukan yg punya prinsip patriotisme dalam menjaga serta melindungi negara. Hwarang mahir dalam hal memanah, berkuda, menombak, dan berpedang.

4. Egyptian War Chariot
Egyptian War Chariot
fotolibra.com
Egyptian War Chariot ini kereta perang Mesir, pertama kali diciptakan di Kanaan yg merupakan Vassal (negara bawahan & taklukan) Kerajaan Mesir Kuno. Pasukan Mesir pakai kereta ini sebagai pasukan penggempur terdepan untuk kacaukan pertahanan musuh terutama saat pertama kali dipakai di Kanaan tepatnya di Pertempuran Megiddo, abad ke-15. Kekurangan kereta ini yaitu sangat rapuh, tetapi cukup lincah & sulit untuk dibidik musuh. Pertempuran Megiddo sendiri berakhir dengan kemenangan Mesir serta gagalnya gerakan separatis di Kanaan.

5. Pasukan Bambu Runcing
Bambu Runcing
nasional.republika.co.id
Menurut R.H.A. Saleh, bambu runcing mulai dikembangkan semasa pendudukan Jepang yg dikenal dengan sebutan Takeyari. Senjata ini tujuannya untuk hadang musuh dari udara, yg sedang terjun payung. Tentara Jepang juga ngelatih laki-laki & perempuan bagaimana caranya pakai Takeyari ini. Dan ternyata, bambu runcing malah jadi senjata perjuangan RI untuk ngusir penjajah. Ada cerita lain yaitu awal dari Bambu Runcing yg bernama "cucukan", dipelopori oleh seorang ulama besar dari Temanggung yaitu K.H. Subkhi. Beliau memanggil para santri dan warga sekitar untuk bersiap perang, kemudian membakar semangat semua orang untuk melawan penjajah dengan senjata ala kadarnya yaitu bambu yg diruncingkan di ujungnya & dinamakan cucukan. Apapun namanya, yg jelas senjata ini sangat ditakuti penjajah karena tidak langsung membuat mati tetapi akan merasakan sakit yg mendalam terlebih dahulu sebelum menemui ajal.

6. Rome War Chariot
Rome War Chariot
andreaeurope.com
Gerobak Sapi merupakan bentuk awal dari kereta perang, dibuat orang India-Eropa-Purba & dipakai di Mesopotamia sejak 3000 SM. Di Romawi Kuno & beberapa negara Mediterania Kuno, kereta perang dengan dua kuda disebut Biga, tiga kuda disebut Triga, dan empat kuda disebut Quadriga. Dan Rome War Chariot salah satu mimpi buruk infantri yg berhadapan dengan Romawi, karena pasukan kereta kuda ini ada pedang tajam di roda yg berfungsi untuk memotong infantri yg ada di sekitar kereta.

7. Der RitterBruder
Der RitterBruder
aeroartinc.com
Pasukan Der RitterBrueder (Knight Brethren) merupakan pasukan khusus dari Teutonic Order / Ordo Teutonik. Ciri khas mereka yaitu helm yang dipakai mereka ada tanduknya. Pasukan ini termasuk yg ditakuti & terkenal brutal waktu zaman abad pertengahan dulu (Medieval). Ordo Teutonik itu sendiri ordo religius Katolik yg berasal dari Jerman, tapi ordo ini dibentuk di Acre, Brasil, pada abad ke-12. Ordo ini dibentuk untuk ngebantu peziarah Kristen di Tanah Suci, trus mereka mendirian rumah sakit untuk urus penderita sakit. Lambat laun, mereka akhirnya jadi ordo militer.

8. Cataphract / Kataphraktoi
Kataphraktoi
thehistoryofbyzantium.com
Sering disebut juga dengan nama Katafrak, ini pasukan berkuda yg cukup sulit dibunuh soalnya seluruh badan si penunggang & kudanya pake pakaian besi yg cukup kuat. Pasukan ini pasukan khusus dari bangsa-bangsa di sekitar Mediterania kayak Byzantium (Roma), Persia, Sasanid, ama Armenia. Istilah Katafrak ini berasal dari Yunani "Katafraktos" yg berarti tertutupi seluruhnya yg diterjemahkan jadi berzirah penih / tertutupi dari segala arah.

9. Hoplites (800 SM - 200 SM)
Hoplites
realmofhistory.com
Ini pasukan reguler dari negara-negara kota di Yunani Klasik, umumnya punya senjata berupa perisai & tombak panjang. Mereka terkenal bertempur dalam posisi Phalanx, dan mereka juga banyak terlibat di pertempuran yg di narasikan dalam sejarah Yunani klasik contohnya penaklukan Alexander Agung dimana mereka menaklukkan Syria, Babylon, Mesir, Persia, dll.

Naiknya reputasi Kavaleri dalam pertempuran, akhirnya gaya bertempur Phalanx mereka ini mulai ditinggalkan. Posisi Phalanx dinilai kaku, trus bisa jadi bumerang untuk pasukan Kavaleri yg bisa manuver cepat & bikin lelah pasukan Hoptiles disaat bertempur di dataran terbuka. Nah sehabis penaklukkan Macedonia di abad ke-4 SM, Hoptiles mulai ditinggalkan & digantikan ama prajurit infantri Phalangites.

10. Legionnaire (100 SM - 500)
Legionnaire
theatrum-belli.com
Ini pasukan yg membawa Kekaisaran Romawi jadi kekaisaran yg besar. Senjata mereka baju zirah, perisai, helm besi, trus pedang. Pasukan ini digunakan Romawi untuk taklukkan daerah-daerah di Germania, Britania, Spanyol, ama daerah-daerah Mediterania lainnya. Kalo Praetorian pengawal khusus Kaisar Roma, pasukan ini gak dibolehkan ada di dekat kekaisaran. Makanya, mereka punya kedekatan yg lebih dekat dengan jendral sendiri daripada kaisar. Tapi sayangnya Kekaisaran Romawi walau udah adopsi taktik perang dari Yunani, tetep gak bisa imbangin pasukan-pasukan kavaleri dari dataran Asia Tengah yg dipimpin ama Attila.

11. Mutaharrik Tulaia (630-660)
Mutaharrik Tulaia
asatechinfo.blogspot.co.id
Di Barat namanya lebih dikenal dengan Mobile Guard / Garda Kavaleri. Ini pasukan dari Khalid ibn Walid, pasukan yg menggempur Persia & Syria waktu perang ngelawan Kekaisaran Persia & Kekaisaran Romawi Timur. Awal pengembangan pasukan ini dari pasukan dari Nabi Muhammad & Abu Bakar yg pake unta atau kuda dan penunggangnya bawa tombak serta pedang. Tapi baju zirah mereka tipis, dengan tujuan mampu bertahan lama jalan di padang pasir (gak kuras banyak tenaga).

Di bawah Khalid, pasukan ini dijadikan pasukan khusus dan jadi Satuan Korps Elit yg bisa taklukkan Persia, Romawi, sampai China di Asia Tengah. Beda ama kavaleri Arab lainnya, Mutaharrik kavaleri berkuda yg pergerakannya cepat (mungkin karena baju zirah yg tipis itu). Mereka bisa menyerbu tiba-tiba, mundur, kemudian menyerbu lagi. Taktik ini bikin bingung & memecah formasi musuh, karena kewalahan harus jaga-jaga di samping & belakang juga.

Khalid juga pakai taktik Double Envelopment, 2 gelombang kavaleri berkuda ini kelilingin dan nutup pergerakan musuh secara total yang bikin mereka gak bisa gerak kemudian terkurung. Mutaharrik pasukan yg harum namanya, di bawah Sang Panglima tertinggi yaitu Khalid ibn Walid mereka bisa tangguh lawan 2 superpower waktu itu yakni Persia & Romawi.

12. Janissary
Janissary
ageofempires.wikia.com
Dibentuk Sultan Murad I, Janissary ini merupakan pasukan elite di kekaisaran Ottoman Turki yang bertugas sebagai penjaga / bodyguard keluarga raja. Seragam Janissari berbahan wool, dibuat sama pengrajin Yahudi di Thessaloniki. Pada awalnya, Janissary itu infantri archer bersenjatakan busur dan crossbow (├žanra). Tapi dalam perkembangannya mereka juga pakai banyak senjata kayak pedang, gada, kapak, sampai senjata api.

13. Viking Berzerkers
Viking Berzerkers
kasprzycki.artstation.com
Bangsa Viking, musuh yg dianggap sangat kuat & berbahaya di tiap peperangan. Tapi yg paling berbahaya dari pasukan Berzerkers (Berserker), prajurit yg terkenal dengan kebrutalannya. Mereka perang tanpa armor atau pelindung, cuma pakai pakaian dari kulit beruang / serigala. Senjata utama mereka kapak, pedang, panah. Musuh yg gak mati lewat panah, bakal dicabik-cabik pakai kapak mereka. Di medan perang mereka kayak binatang buas, gak segan untuk membunuh atau memperkosa, Kegilaan mereka ini ditakuti & dibenci bukan cuma sama musuhnya aja, tapi juga sesama bangsa Viking.

14. Batavi
Batavi
en.wikipedia.org
Prajurit Batavi ini pasukan keturunan Jerman yg kerja untuk militer Romawi. Mereka pakai taktik barbar di medang perang, yg jadi favorit taktik berenang seberang sungai pakai baju besi + bawa senjata. Disaat musuh lengah, mereka langsung serang musuh-musuh itu. Uniknya, mereka juga ngelatih kuda mereka untuk ngelakuin hal yg sama, jadi sudah gak heran kalau pasukan Batavi nyerang pakai kuda juga.

15. Laskar Suci Thebes
youtube.com/GeneralSantucci1st
Laskar Suci Thebes atau biasa juga disebut dengan Band of Thebes ini sampai sekarang dianggap sebagai prajurit terhebat di dunia sepanjang sejarah Yunani kuno. Saking hebatnya, mereka bisa ngalahin pasukan Sparta yg tersohor itu. Pasukan ini dibentuk dengan 150 orang di dalam yg berpasang-pasangan (ada hubungan darah / punya ikatan kuat) yg otomatis mereka bertarung lebih keras untuk ngelindungin pasangannya yg merupakan bagian dari pasukan itu juga.

16. Medjay
Medjay
flickr.com
Dulu di Mesir kuno ada pasukan khusus bernama Medjay. Mereka sebenernya klan pasukan gurun dari Nubia, tapi akhirnya gabung jadi pasukan Firaun. Mereka prajurit khusus terbaik di militer Mesir, selain patroli di wilayah jauh & pinggiran Mesir mereka juga punya tugas untuk jaga keluarga kerajaan & makam serta istana.

17. Hetairoi
Hetairoi
sierratoysoldier.com
Mereka ini pasukan berkuda yg terdiri dari kaum bangsawan Macedonia & juga pelayan dari Alexander Agung. Pasukan ini dikenal waktu mereka turun ke medan pertempuran dengan formasi yg kuat. Gaya serangan mereka ini nyerang dadakan, trus biasanya pinter untuk incar titik terlemah di formasi musuh. Serangan dadakan mereka ini yg bener-bener bikin pasukan Persia berantakan. Karena kehebatan mereka ini, Alexander Agung ngasih mereka senjata beserta baju besi dan gak lupa kuda terbaik untuk 2.600 orang prajurit Hetairoi.

18. Varangian
Varangian
pinterest.co.uk
Waktu awal abad ke-10 pemimpin Bizantium yaitu Basil II ngebentuk pasukan yg isinya orang-orang Norwegia, sebagai penjaga pribadinya. Pasukan ini dinamakan Varangian, selain tugasnya jaga istana kerajaan mereka juga berjaga waktu peperangan. Yang uniknya nih, Varangian ini diturunkan dadakan pas udah tersudut yg akhirnya formasi musuh jadi berantakan. Varangian dibayar dengan biak, bonusnya waktu raja meninggal mereka bisa bawa emas dari penyimpanan harta raja. Karena hal inilah banyak bangsa Viking yg berusaha untuk gabung Varangian.

19. Roman Legion
Roman Legion
romeacrosseurope.com
Mereka ini bisa dibilang tulang punggung tentara Romawi, ukuran dan kekuatan mereka gak ada yg bisa lawan. Mereka biasanya infanteri berat yg pakai baju besi & perisai model sehabis Yunani Kuno. Mereka ini kombinasi antara ahli pedang, tombak, dan juga perisai. Selain itu, mereka juga prajurit mahal yg bisa bikin senjata terbaik & baja. Pasukan ini disiplin, baik dalam bersenjata, punya strategi besar yang sulit dikalahkan.

20. Bhayangkara
Bhayangkara
soreangku.com
Bhayangkara dibentuk raja Kertanegara dari Singasari. Pasukan ini lebih terkenal di masa Majapahit, bukan cuma karena Gadjah Mada pemimpin pasukan, tapi juga karena waktu masa Majapahit tertuang jelas berbagai literatur kuno kayak Negarakertagama & Pararaton. Pasukan ini memang ahli & kuasai banyak hal termasuk keahlian pedang, tombak, martial arts, sama ilmu-ilmu Kanuragan (tenaga dalam). Dengan kemampuan itu, gak heran kalau ada anggapan yg bilang kalau 1 orang dari Bhayangkara itu setara ama 40 orang prajurit biasa. Makanya, cuma bermodal beberapa orang Bhayangkara mereka bisa taklukkan perang-perang kecil dengan musuh ratusan orang.

21. Knight Hospitaller
Knight Hospitaller
br.pinterest.com
Ksatria Hospitaller, mereka dikenal juga dengan nama Ordo Hospitaller atau sederhananya: kaum Hospitaller. Mereka ini sekelompok laki-laki yg punya tugas untuk jaga rumah sakit di Yerusalem yg didirikan sama Gerard Yang Terberkati di sekitar tahun 1023. Disinilah tumbuh kembang dari 2 ordo ksatria besar yaitu Ordo Santo Yohanes & Ordo Santo Lazarus.

22. Mamluk
Mamluks
toptene.com
Mamluk itu sebenarnya sebutan untuk budak yg sudah dibeli. Budak-budak penganut agama Islam ini dilatih jadi kavaleri (pasukan berkuda) yg akan mahir taktik berkuda, seni berkuda, memanah, ngerawat luka, dll. Mamluk makin dikenal waktu ikut Perang Salib di Yerusalem. Di akhir abad pertengahan, mereka berhasil kuasai Yerusalem & mengakhiri era tentara salib (Crusader) & juga pernah berhasil pasukan Mongol walau akhirnya dibalas kembali. Kekuasan Mamluk semua didapat dari perang, salah satunya mereka kuasai Mesir selama 250 tahun.

23. Pasukan Mongol
Mongol Warriors
id.pinterest.com
Genghis Khan, pendiri sekaligus kaisar dari Kerajaan Mongol & gak diragukan lagi dia memang salah satu pemimpin militer terbaik sepanjang sejarah. Prajurit / pasukan yang dipimpin Genghis Khan ditakuti semua musuhnya karena terkenal dengan sifatnya yg kejam & liar. Pasukan ini dikenal dengan kemampuan mereka yg pakai kuda, disiplin, dan keahlian panah di atas kuda. Panah mereka ini juga bukan panah biasa, busur mereka dibuat untuk bisa tembus baju baja musuh. Selain kuasai panah mereka juga ahli tombak, dcimitar, psikologi peperangan, dan berhasil bangun salah satu kerajaan terbesar yg pernah ada di dunia.

24. Aztec Warrior
Aztec Warrior
id.pinterest.com
Di saat pasukan Aztec, tujuan mereka ada 2 hal. Pertama, mereka mau dapat tanah tujuan. Kedua, mereka mau dapatkan korban untuk ritual pengorbanan mereka (pengorbanan manusia). Perang sudah jadi makanan sehari-hari, dimana kalau ada pemimpin baru yg terpilih harus segera perang untuk tunjukkan kemampuann & kepemimpinannya. Mereka kejam di peperangan, terkenal dengan pakaian dari elang & jaguar serta menggunakan senjata primitif kayak panah & gada. Kalau ada musuh yg datang ke tanah mereka, mereka bersumpah musuh gak bisa balik (dengan kata lain dibunuh). Sayangnya mereka kalah sama Spaniard (orang Spanyol) gara-gara Spaniard punya senjata yg lebih modern.

25. Apache
Apache
fineartamerica.com
Kalau Ninja ada di Jepang, di Amerika juga ada yg menyerupai, namanya pasukan Apache. Dari segi tampilan sih beda jauh ya, tapi mereka jago dalam hal secara tiba-tiba muncul trus gorok / potong leher musuhnya dari belakang. Mereka ahli ama senjata khas mereka, yaitu Tomahawk (kampak Indian). Walau senjata mereka ini kampak, mereka bisa bertarung jarak jauh dengan ngelempar kampak mereka ini (throwing axe), atau pakai panah & pisau. Saking akurat & besarnya kekuatan mereka, pasukan militer aja kewalahan untuk ngalahin Apache. Mereka dikenal sebagai pasukan gerilya terbaik, yg katanya sudah diajarkan secara turun temurun.

26. Ninja
Ninja
nextshark.com
Ninja di Jepang terlahir karena adanya pemberontakan kepada kaum Samurai dari kaum petani yg disebabkan sama sifat liar kaum Samurai. Mereka akhirnya menjadi pembunuh gelap (shadow) paling ditakuti yg pernah diketahui manusia sampai saat ini, dengan senjata yg mampu untuk melumpuhkan musuh dengan cepat & terkenal dengan kemampuannya untuk membunuh secara instan kemudian menghilang. Selain itu juga, Ninja merupakan orang-orang yg ahli dalam hal bela diri.

27. The Immortals
The Immortals
toptenz.net
Pasukan ini ada di film 300, tapi gambaran aslinya jauh berbeda lho sama yg di film. Kalau di film mereka ini pasukan Raja Persia Xerxes dengan pakaian serba hitam & pakai topeng. Aslinya, mereka pakai pakaian penuh warna. Walau mereka punya nama immortal alias abadi, tapi itu juga karena kesalahan penamaan dari Anusiya (pertemanan) sama Anausa (abadi). Mereka ini satu kesatuan yg terbentuk dari 10.000 orang terpilih, dan selalu dijaga supaya jumlah mereka harus tetap 10.000. Kalau ada yg luka atau meninggal, langsung cepat digantikan. Pasukan ini ahli pedang, tapi sayang mereka lenyap seiring perkembangan zaman.

28. Hashashin
Hashashin
id.pinterest.com


Hashashin ini kelompoknya kecil, tapi semuanya prajurit yg terlatih dalam operasi senyap & pembunuhan terencana. Pembentukan mereka ini dipicu dari meletusnya Perang Salib I, dibentuk seorang Syiah bernama Hassan-i Sabbah. Dia sadar bahwa musuh perangnya bukan hanya kaum Kristen, tapi juga kaum Islam Sunni yg berkembang pesat disitu. Akhirnya dia bikin pasukan elit siap mati, pembunuh berdarah dingin bernama Hashashin. Mereka berjaya selama ratusan tahun dan disegani di Jazirah Arab, punya 4 benteng besar yaitu 2 di Alamut, 2 lagi di perbatasan Suriah & Kesultanan Seljuk. Salah satu namanya Masyaf, benteng Hashashin yg pernah dikepung Sultan Mesir Saladin di tahun 1176. Hashashin bisa bertahan sampai dua abad sebelum takluk di bawah kekuasaan Pasukan Mongol pada 1273, beberapa lama sehabis Baghdad jatuh. Saking menakutkannya, kata dalam bahasa inggris Assasin yg artinya pembunuh, diambil dari nama pasukan ini.

29. Samurai
Samurai
http://student.blog.dinus.ac.id
Bisa dibilang mereka ini ksatria dari Jepang yg kuasai seni Pedang Katana. Mereka punya perlengkapan yg lengkap dari armor sampai senjata, yg siap mati di perang demi membela tuannya. Pedang katana ini pedang tertajam di dunia, yg dengan gampang bisa belah manusia jadi 2. Selain kuasai Katana, mereka juga kuasain seni Yumi (panah) & dari beberapa Samurai ada yg masuk sejarah sebagai salah satu pemanah terbaik di sejarah kuno. Mereka pasukan yg lambangkan kekuatan Jepang, walaupun mereka harus mati mereka pasti melakukannya dengan menjaga harga diri yaitu Harakiri (bunuh diri ala Jepang).

30. Viking
Viking
historytoday.com
Mereka salah satu pasukan yg paling ditakuti di sejarah kuno. Mereka teror Eropa lewat berbagai serangan & perampokan. Mereka liar & kejam, selalu bawa senjata berupa pedang, kapak, atau tombak yg mereka dapatkan dari kota-kota yg mereka taklukkan. Mereka memuja Dewa Odin dalam hal peperangan, mereka juga percaya sehabis kematian semua manusia bakal lanjutkan perang di perang tiada akhir.

31. Spartan
Spartan
aliexpress.com
Sama kayak Viking, budaya mereka kental sama yg namanya perang. Mereka latih semua anak laki-laki untuk jadi laki-laki yg siap perang sepanjang hidupnya. Mereka punya istilah "kembali dengan perisai atau berada di atasnya" yg artinya jangan kembali kecuali menang. Kombinasi perisai & tombak mereka ini terkenal, sampe pasukan kuno juga berpikir 2 kali untuk perang sama mereka ini. Pasukan Sparta salah satu pasukan paling mematikan di dunia, sampai dijadikan film dengan judul 300 & tokoh game Kratos dari God of War.

32. Sipahi
Sipahi
id.pinterest.com
Kalau Janissary pasukan infantry elit Kesultanan Turki Usmani, kalau Sipahi kavaleri elitnya. Waktu senjata api dah menyebar di seluruh Timur Tengah, Sultan Usmani ngebentuk satuan kavaleri dari para bangsawan yg pakai senjata mutakhir di masanya. Dari ide inilah lahirnya Korps Elite Sipahi. Mereka biasanya jadi pengawal waktu konvoi Sultan pas di pertempuran. Tapi kalau Sipahi dah diturunkan, mereka bakal jadi mimpi buruk untuk kavaleri dari mana aja soalnya mereka punya senjata yg paling bagus di zamannya. Mereka gak pake panah, tapi pake udah pake Arquebusier (senapan api kuno yg canggih). Tapi karena jumlahnya terbatas, ada juga pasukan Sipahi yg pakai perisai & panah untuk mobilitas yg lebih enak. Sipahi juga punya baju Zirah yg cukup kuat untuk ngelawan kavaleri & infantri musuh.

==========

Oke itu dia 32 Pasukan Khusus Zaman Dulu Yang Disegani Musuh, pastinya di masa lampau masih baaaanyak pasukan lainnya yg gak kalah kuat, tapi mungkin mereka hilang dari sejarah atau gak sulit untuk dikalahkan. Tapi kalau ada pasukan lainnya yg kamu tau & gak ada di daftar ini, silahkeun ditambahkan di komentar. See you!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Movie Review] Ant-Man And The Wasp

Parallel Universe, Nyata Atau Hanya Sekedar Teori?

Kontroversi Tahun Baru Masehi & Ucapan Selamat Natal