Mandau Terbang Suku Dayak Kalimantan

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,


so don't copy others and make it yours .
show your respect*

Sebelumnya NO SARA  ya , ini mau berbagi pengetahuan aja ..
beberapa waktu lalu ngobrol ma temen nih tentang "senjata ghaib" suku Dayak , namanya itu mandau terbang .. FYI dulu waktu ada konflik besar di Sampit yg salah satu kubu itu suku Dayak , Mandau Terbang ini banyak banget .. tapi gak keliatan , dia terbang untuk "mangsa" yg emang udah dituju , jadi udah nge-lock target gitu kayak missile .. nah berhubung kakek dari nyokap gue orang dayak , dulu sempet diceritain juga soal mandau terbang ini ama beliau ..

tapi dulu gue diceritain nama istilah lainnya mandau terbang itu "parang maya" (ini istilah yg gue tau pas zaman SD dulu) , maksudnya maya itu ya gak keliatan .. tapi gak tau juga ya mungkin karna suku dayak itu banyak jenisnya sesuai tempatnya dimana , jadi nama" mandau terbang ini beda" .. ada mandau terbang , parang maya , ada juga mandau siluman .. tapi yg familyar ama gue itu parang maya sih . nah ini jadi gue mau ngasih tau dikit aja juga soal mandau terbang / parang maya , sebagian cerita dulu dari kakek sebagian ada juga dari google untuk nambah" info ..


Mandau salah satu senjata tradisional asli Indonesia yg berasal dari kebudayaan Dayak Kalimantan . dari Wikipedia , Mandau itu berasal dari kata "man-da-u" , itu nama orang yg dateng ke pulau Kalimantan yaitu dari suku kuno China "Namman" atau Barbar Selatan . Nah , Man Da U itu nama orang yg pertama kali ngebuat senjata mirip bentuk bilah pedang / parang mandau yg kayak sekarang ini ..

kalo jalan" ke Kalimantan terutama ke daerah" terpencil yg banyak orang dayak-nya , gak usah heran kalo mereka bawa mandau kemana mana .. itu untuk orang dayak mah biasa , gak perlu juga khawatir bakal dibacok hahaha .. orang Dayak itu amat sangat menjaga hukum adat istiadat yg ada . jangankan ngebacok , nyabut mandau itu aja gak boleh sembarangan , ada aturannya .. Mandau itu gak boleh dipake untuk ngancem orang atau ngelukain orang cuma karna emosi doang ..

kalo ampe ngelanggar , itu gak main" bakal kena sanksi sesuai hukum adat yg ada . Mandau itu cuma boleh dicabut dari sarungnya kalo dalam kondisi kepepet / lagi mempertahankan diri . dan selain itu juga , konon katanya , kata orang dayak itu kalo misal Mandau udah keluar dari sarungnya , itu pasti bakal ada pertumpahan darah & korban . makanya itu , mandau gak boleh sembarangan dicabut dari sarungnya , apalagi cuma untuk ngancem orang lain ..


untuk soal Mandau terbang , gue sendiri sih blom pernah liat langsung korban yg kena gitu atau mandau-nya terbang" gitu (karna emang gak bisa diliat kasat mata sih) .. waktu konflik di Sampit dulu , Mandau terbang ini yang paling banyak banget , polisi aja udah gak bisa berkutik kalo konflik suku .. dan ini dari cerita juga ya , ilmu mandau terbang itu cuma bisa dilakuin ama ketua suku yg punya kekuatan & kesaktian tinggi , yg udah dikasih tanggung jawab untuk ngelindungin "keluarga"-nya , yaitu suku dayak ..

awalnya dilakuin ritual supaya mandau itu bisa nyari sasarannya sendiri yg udah ditentukan , dan juga supaya gak salah sasaran .. tapi ada juga yg bilang , kalo mandau terbang ini digerakkan gitu dari jarak jauh ama Pangkalima Burung dimana ketua" suku itu ngadain ritual untuk manggil Pangkalima Burung trus terbangkan Mandau itu untuk nyari sasaran .. sasaran yg dituju itu dicari berdasarkan bau darahnya . pokoknya kalo udah di "lock" , mau siapapun itu gak ada belas kasihan ya langsung ditebas lehernya ampe putus .. aaaaada lagi , yg bilang kalo mandau" itu diterbangkan ama ribuan jin gitu . pokoknya banyak deh versi-nya , mungkin semua versi itu bener , tergantung gimana ritualnya aja . intinya sih tujuannya sama semua ..


nah tapi beda lagi ama Dayak Islam .. yg kakek gue cerita kalo Dayak Islam namanya Parang Maya Ruh Idafi .. kakek gue pernah cerita dulu ada keluarganya yg tetua banget di kampung itu , punya ilmu parang maya ruh idafi ini .. sama kayak mandau terbang , ini ilmu yg dipake dari jarak jauh . bisa juga untuk perang atau ngehabisin nyawa 1 kampung . ilmu ini juga sama kayak mandau terbang , gak boleh dipake sembarangan , dipake cuma untuk orang" yg niatnya jahat & merusak gitu . ilmu parang maya ini kerjanya berhubungan ama ruh , jadi pengamal ilmu ini mesti punya ketajaman hati ama konsentrasi yg tinggi banget .. tetep sama , pake ritual" juga ama beberapa mantra untuk manggil ruh gitu . pas ruh nya udah dateng , mandau yg udah disiapkan ditebas ke jantung ruh itu , alhasil orang yg namanya udah disebut di mantra itu entah dia ada dimana , jantungnya putus trus ada bekas garis biru di badannya ..

trus jarak jauh gitu ada juga yg cuma pake telunjuk , mirip parang maya juga .. tapi biasa ini sih pegangan orang melayu kalimantan (kutai atau banjar) , temen cerita dulu di Kutai itu pernah dicoba ama orang yg punya ilmu itu ke pohon pisang . pisangnya gak kebelah , tapi pas kulitnya dibuka , daging pisangnya itu udah kebelah .. bayangin kalo itu di praktekkin ke manusia , badan luarnya gpp tapi jantungnya padahal udah putus ..


yah itulah salah satu ilmu khas dari suku Dayak , mandau terbang / parang maya .. emang sedikit merinding kalo dengernya mandau terbang itu udah nyari darah .. ditebasnya gak kerasa , tau" leher dingin trus putus gitu aja . entah ini boleh dipercaya atau enggak ya , tapi kalo untuk masyarakat dayak sih mandau terbang ini bukan hal yg luar biasa , udah biasa banget dengernya & mereka semua percaya .. dan 1 hal yg perlu diinget ilmu ini gak sembarangan dipake , dipake cuma kalo ada ancaman dari luar aja & ada yg mau memecah belah suku dayak atau juga ada yg gak sopan di tanah kalimantan ..

orang dayak itu baek" , welcome banget ama pendatang .. tapi jangan sekali" ngusik tanah mereka kalo gak mau diterbangin mandau-nya .. oke kesimpulannya mandau terbang ini emang serem untuk yg denger , tapi percaya aja kekuatan paling tinggi & kekuatan yg sebenarnya itu datang dari Tuhan .. sekuat apapun kita , kita gak bisa nandingin kekuatan Tuhan .. gak boleh takabur jadi orang nanti Tuhan murka .. kayak pembuat kapal Titanic tuh takabur , "bahkan Tuhan tidak akan bisa membalikkan kapal megah ini" , dan gak dalam waktu lama kapalnya kebalik . lah ngapa jadi lari ke Titanic ini 🤔

ok semoga nambah ilmu, see you gaesss~

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Movie Review] Ant-Man And The Wasp

32 Pasukan Khusus Zaman Dulu Yang Disegani Musuh

Parallel Universe, Nyata Atau Hanya Sekedar Teori?