Islam, Kristen, Yahudi = Satu Keturunan ?

*copas = cantumkan sumber .
if u don't want someone to copy your content ,


so don't copy others and make it yours .
show your respect*

(Images: USAonRace)

ini mau bagi" ilmu aja nih , gak ada maksud apa" .. jadi gue mau membandingkan 3 Agama Samawi yaitu Yahudi , Islam , & Kristen . eits sabar dulu , "membandingkan" disini maksudnya membandingkan soal konsep Ketuhanan , kitab suci , dsb .. bukan membandingkan mana yg bener mana yg salah , kalo bahas begituan gak akan selese" sampe kiamat juga . kalo ada salah penjelasan mohon koreksinya ya , ini tak ambil dari berbagai sumber .. kadang 1 sumber ama yg lainnya agak sedikit ada bedanya gitu .

jadi mungkin pertanyaan awal ,"apa sih Agama Samawi itu?" . agama samawi bisa disebut juga agama Abrahamik .. yaitu : "setiap agama yg muncul dari suatu tradisi semit kuno bersama & yg ditelusuri oleh para pemeluknya kepada Abraham (dalam Kristen) , atau Avraham (dalam Yahudi) , atau Ibrahim (dalam Islam)" . kesimpulannya ? yap , agama samawi itu agama yg berketurunan dari Ibrahim .. dan info di artikel ini teruntuk yang belum tau yaa.

(Images: Pinterest)

Agama samawi bisa juga disebut "agama langit" , yaitu agama yg dipercaya pengikutnya dibangun berdasarkan wahyu Allah . beberapa pendapat itu menyimpukan agama itu disebut samawi kalau :
          *punya definisi Tuhan yg jelas ,
          *punya penyampai risalah (Nabi/Rasul) ,
          *punya kumpulan wahyu dari Tuhan yg diwujudkan kedalam kitab suci ..
agama samawi itu sendiri ada 3 , yaitu Yahudi , Kristen , Islam . nah ini dia perbandingannya :


Ketuhanan
(Images: Arab American National Museum)

untuk soal ketuhanan , Yahudi & Islam sama .
Yahudi & Islam sama" nganggep Tuhan itu 1 .. Tuhan Yahudi disebut Yahweh yg merupakan bentuk ketiga tunggal "Dia adalah" (He Who Is) ..

sedangkan Tuhan di Islam disebut Allah yg merupakan bentuk tunggal & tertentu dari Ilah (sembahan/Tuhan) . di Islam , soal ke-Esa an Tuhan ada di Al-Qur'an surat Al-Ikhlas ..

"Dia-lah Allah , Yang Maha Esa ..
Allah adalah Tuhan yg bergantung kepada-Nya segala sesuatu .
Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan ,
dan tidak ada seorang pun yg setara dengan Dia .."
[Al Ikhlas : 1 - 4]

di Kristen , konsep Ketuhanan ini beda .. di Kristen itu dikenal ama yg namanya Trinitas (terdiri dari 2 kata: Tri: tiga, Unity: tunggal) yg menyatakan kalau Tuhan itu ada 3 pribadi yaitu Bapak , Anak , dan Roh Kudus yg diformulasikan di abad 4 Masehi oleh Saint Augustine .. di konsep Trinitas itu disebut "Satu itu Tiga & Tiga itu Satu" ..

"terpujilah Allah , Bapa Tuhan kita Yesus Kristus , Bapa yg penuh
belas kasihan dan Allah sumber segala penghiburan"
[2 Corinthian 1 : 3]

Kitab Suci
(Images: The Gospel Herald)

untuk soal kitab suci , ketiga agama ini beda semua .
          Yahudi :
kitabnya Taurat .. kitab Taurat / Torah di bahasa Ibrani adalah 5 kitab pertama Tanakh atau Alkitab Perjanjian Lama .. kitab Taurat di bahasa Yunani disebut Pantateukh .. ini 5 kitab pertama Tanakh :

               *Kejadian (bahasa latin: Genesis , bahasa Ibrani: Bersyit)
               *Keluaran (bahasa latin: Exodus , bahasa Ibrani: Syemot)
               *Imamat (bahasa latin: Leviticus , bahasa Ibrani: Wayyikra)
               *Bilangan (bahasa latin: Numerii , bahasa Ibrani: Bemidbar)
               *Ulangan (bahasa latin: Deuteronomium , bahasa Ibrani: Debarim)

kelima buku ini dianggep penting soalnya kelima buku ini memuat peraturan" yg dipercaya ditulis ama Musa .. menurut tradisi , kitab Taurat ditulis nabi Musa , dan kematiannya yg tercatat di Kitab Ulangan pasal 34 ditulis penerusnya , Yosua .. contoh serupa kayak kitab Yeremia , yg pada akhirnya di kitab itu tertulis ,"sampai di sinilah perkataan-perkataan Yeremia .." [Yeremia 51 : 64] . tapi kitab itu masih dilanjutkan (kebanyakan isinya sejarah & kejadian yg terjadi sehabis perkataan Yeremia berakhir gitu) .

trus , soal kata "Taurat" itu sendiri sebenernya berarti "Pengajaran Oleh Allah" .. kata ini diterapkan Kesepuluh Hukum (Dasa Titah) , trus di segala hukum & peraturan dari Tuhan .. orang Samaria ngakuin ke-5 kitab Taurat ini sebagai kitab suci mereka , tapi mereka nolak kitab" lainnya yg ada di Perjanjian Lama .. selain itu bahasa kitab suci Yahudi sebagian besar bahasa Ibrani ama sedikit Aramaic ..
          Kristen :
kitab suci umat Kristen namanya Injil .. Injil ini sendiri ada 4 versi . masing" ditulis Markus , Mathius , Lukas , & Yohanes .. penulisan dimulai sekitar tahun 70 sampai 100 Masehi , sekitar 40 tahun-an sehabis Yesus wafat (skitar tahun 29 Masehi) . sebagai contoh nih , Lukas nulis Injil yg ditujukan untuk seseorang yg disebut Teofilus ..

"1. Teofilus yg mulia , banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita
tentang peristiwa-peristiwa yg telah terjadi diantara kita ,
2. seperti yg disampaikan kepada kita oleh mereka ,
yg dari semula adalah saksi mata dan pelayan firman .
3. karena itu , setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya ,
aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu ,
4. supaya engkau dapat mengetahui ,
bahwa segala sesuatu yg diajarkan kepadamu sungguh benar"
[Lukas 1 : 1 - 4]

kalo bahasa Yesus itu bahasa Aramaic , bahasa Perjanjian Baru aslinya bahasa Yunani (hampir sama ama Yahudi , Aramaic , trus ada perjanjian" baru) .

          Islam :
kitab suci umat Islam yaitu Al-Qur'an .. cuma 1 versi , trus bahasa asli dari zaman Nabi Muhammad sampe sekarang masih Arab . kalo bukan bahasa Arab , itu brarti terjemahan , bukan Al-Qur'an ..

"sesungguhnya Kami telah menurunkannya Al-Qur'an pada malam kemuliaan"
[Al-Qadr : 1]

Al-Qur'an diturunkan Allah ke nabi Muhammad SAW .. oleh nabi , disampaikan ke pengikutnya .. pengikutnya ada yg hafal seluruh isi kitab suci Al-Qur'an , ada juga yg nulis di berbagai media (daun , tulang , kulit hewan , dsb) . dari pengikutnya , Abu Bakar , Al-Qur'an dijadikan satu .. trus dari sahabatnya , Usman , dijadikan satu buku lengkap sama tanda baca (panjang , pendek , dsb) supaya pengucapannya sesuai ama peraturan bahasa Arab yg standar ..


Tentang Adam & Hawa / Eva Diusir Ke Bumi
(Images: Bible Study Tools)

nah kalo soal ini , ketiga Agama ini semua percaya kalo Adam itu manusia pertama & nenek moyang dari seluruh manusia di dunia yg hidup ampe sekarang ini .. soal perbedaan prinsip antara yg menjerumuskan Adam & Hawa / Eva , ini semua beda" nih .

          Yahudi :
di Yahudi cuma dijelaskan Adam manusia pertama , tapi gak dijelaskan kalo Adam jatuh ke Bumi itu seperti apa & karna apa ..

          Kristen :
di Alkitab Genesis 3 : 1 - 19 diceritakan kalo ular itu binatang yg paling cerdik yg bisa bicara , sampe" bisa nipu manusia , Adam & Hawa .

"1. adapun Ular ialah hewan paling cerdik dari segala binatang di darat yg diajdikan Tuhan Allah . ular bertanya kepada perempuan itu: "tentulah Allah berfirman: semua pohon dalam taman ini jangan kamu makan buahnya , bukan ?"
2. lalu sahut perempuan itu kepada ular itu: "buah pohon-pohonan dalam taman ini boleh kami makan ,
3. tetapi tentang buah pohon yg ada ditengah taman , Allah berfirman: "jangan kamu makan atau raba buah itu , nanti kamu mati .."
4. tetapi ular itu berkata kepada perempuan itu: "sekali-kali kamu tidak akan mati ,
5. tetapi Allah mengetahui , bahwa pada waktu kamu memakannya matamu akan terbuka , dan kamu akan menjadi seperti Allah , tahu tentang yg baik dan jahat"
6. perempuan itu melihat , bahwa buah pohon itu baik untuk dimakan & sedap keliatannya , lagipula pohon itu menarik hati karena memberi pengertian . lalu ia mengambil buahnya & dimakannya dan diberikan juga kepada suaminya yg bersama-sama dengan dia , dan suaminya pun memakannya."
[Genesis 3 : 1 - 6]

"kemudian berfirman Tuhan Allah kepada perempuan itu:
"apakah yg telah kauperbuat ini ?"
jawab perempuan itu: "ular itu memperdayakan aku , maka kumakan"
lalu berfirmanlah Tuhan Allah kepada ular itu: "karena engkau berbuat demikian ,
terkutukah engkau di antara segala ternak & diantara segala binatang hutan;
dengan perutmu lah engkau akan menjalar dan debu tanahlah kau makan
seumur hidupmu"
[Genesis 3 : 13 - 14]

          Islam :
di Al-Qur'an , dijelaskan kalau yg ngegoda Adam & Hawa itu Iblis ..

"lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu dan dikeluarkan dari keadaan semula dan Kami berfirman: "turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yg lain , dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi , dan kesenangan hidup sampai waktu yg ditentukan"
[Al Baqarah : 36]

tambahan .. di ajaran Kristen Adam & Hawa tetep berdosa & dosanya diturunkan ke manusia sebagai dosa asal / dosa warisan (original sin) .. kalo di Islam , setelah Adam & Hawa itu diminta ampun & tobat , Allah mengampuni mereka & gak ada dosa warisan yg diturunkan ke anak cucu mereka .. kalo di Yahudi kurang tau ..


Tentang Isa (Yahudi / Islam) Atau Yesus (Kristen)
(Images: www.20search.com)

pandangan ketiga Agama ini untuk Isa / Yesus berbeda semua ..

          Yahudi :
untuk Yahudi , mereka gak ngakuin Yesus itu baik sebagai Tuhan / Rasul .. bahkan mereka ngebunuh Yesus karna dianggap menyesatkan banyak orang ..

          Kristen :
untuk umat Kristen , Yesus itu Tuhan ..
"Kasih karunia Tuhan Yesus Kristus , dan Kasih Allah , dan persekutuan Roh Kudus menyertai kamu sekalian"
[2 Corinthian 13 : 14]

          Islam :
sama kayak Yahudi , di Islam Yesus disebut Isa .. di Islam Yesus bukan Tuhan , tapi cuma manusia biasa yg diangkat jadi nabi ..

"dan ketika Allah berfirman: "Hai Isa putera Maryam , adakah kamu mengatakan
kepada manusia: "jadikanlah aku dan ibuku dua orang Tuhan selain Allah" ?
Isa menjawab: "Maha Suci Engkau , tidaklah patut bagiku mengatakan apa yg bukan hak-ku .
jika aku pernah mengatakan maka tentulah Engkau mengetahui
apa yg ada ada diriku dan aku tidak mengetahui apa yg ada pada diri engkau . sesungguhnya Engkau Maha Mengetahui perkara yg ghaib-ghaib"
[Al-Maa'idah : 116]

intinya di Islam , Isa itu nabi yg menyeru manusia untuk ke Tauhid , yaitu menyembah cuma ke Satu Tuhan (Allah) .


Tentang Pengikut
(Images: www.capitalfm.co.ke)

untuk masalah pengikut , Islam & Kristen sama .
sama dalam artian , boleh nyebarkan agama-nya ke seluruh penduduk di muka bumi .. nah ini beda ama Yahudi . Yahudi itu agama Tribal / suku , jadi yg bisa anut ya cuma bangsa Yahudi turun temurun .. agama ini gak bisa disebarkan ke luar dari suku Yahudi .. jadi kalo misal ada orang Kristen umpamanya , mau pindah keyakinan ke Yahudi , itu gak bisa .. makanya jumlahnya gak begitu se-berkembang nya Islam & Kristen , sekitar 14 juta pemeluknya di seluruh dunia .. sedangkan Islam & Kristen udah Milyaran pemeluknya ..

Kewajiban Sunat Untuk Laki"
(Images: Okezone Lifestyle)

kalo soal ini , yang sama itu Islam & Yahudi , laki" itu WAJIB sunat ..

"dan orang yg tidak disunat , yakni laki-laki yg tidak dikerat kulit
khatannya , maka orang itu harus dilenyapkan dari antara
orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku"
[Genesis 17 : 10 - 14]

di Islam sendiri disebutkan "buanglah darimu rambut kekufuran dan berkhitanlah"
untuk Kristen , orang" Kristen gak ngelakuin itu soalnya menurut Paulus di Perjanjian Baru , hukum itu dihapuskan ..

"sunat memang ada gunanya , jika engkau mentaati hukum Taurat;
tetapi jika engkau melanggar hukum Taurat , maka sunatmu tidak ada lagi gunanya"



Larangan Makan Babi
(Images: viva-wmaga.eek.jp)

untuk Islam & Yahudi , sama .. sama" gak perbolehkan makan babi , haram .. ini sesuai ama kitab Levi & Deuteronomy 14 : 8 ,

" demikian juga babi , karena memang berkuku belah ,
yaitu kukunya bersela panjang ,
tetapi tidak memamah biak; haram itu bagimu .
daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan bangkainya jangan kamu
sentuh; haram semuanya bagimu"
[Levi 11 : 7 - 8]

untuk Islam:

"sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai , darah , daging babi ,
dan binatang yg ketika disembelih disebut nama selain Allah"
[Al Baqarah : 173]

sedangkan di Kristen , babi itu makanan yg umum (halal) ..
tertulis di Kisah Para Rasul (Acts) 10 : 9 - 16

"15. tetapi suara itu berkata lagi kepadanya ,"apa yg sudah dinyatakan halal
oleh Allah , janganlah kau anggap itu haram"

trus juga Surat Paulus Yang Pertama Kepada Timotius 4 : 4 - 5

"4. segala sesuatu yg diciptakan oleh Allah itu baik , dan tidak satu pun yg harus
dianggap haram kalau sudah diterima dengan ucapan terima kasih kepada Allah .
5. sebab berkat dari Allah dan doa membuat makanan itu menjadi halal" 


Kesimpulan ..
   1. Agama yg berkonsep ke Tuhan
   2. sumber utamanya kitab suci yg diwahyukan
   3. semua lahir di Timur Tengah
   4. ajarannya jelas & tegas


==========

yah seginilah perbandingan dari 3 Agama Samawi ini ..
ohya sedikit catatan soal Yahudi , bedain ya mana Yahudi mana Zionis .. Yahudi ama Zionis itu beda .. Yahudi ya Yahudi , ajaran Nabi Musa .. kalo Zionis itu Yahudi yg udah melenceng dari ajaran agama-nya & sukanya perang trus ngebunuh sesama manusia .. sama kayak di Islam itu ada Islam garis keras kayak yg lagi rame akhir" ini , ISIS contohnya .

dan inti dari semua ini selalu jaga perdamaian .. jangan kepecah belah cuma karna agama . Islam , Kristen , Yahudi yg sering berkonflik ini sama" Agama Samawi kok , Agama keturunan nabi Ibrahim .. Tuhan boleh beda , tapi gak ada alasan untuk kita yg di dunia ini untuk selalu berusaha membeda bedakan satu sama lain ..

Baca Juga:
Agama ? Buat Apa Sih ?
Terrorist Has No Religion
Atribut Natal Kok Haram?
Sejarah Masuknya 6 Agama di Indonesia
Sejarah Kelam Rohingya & Islam di Myanmar


"Musuh terbesar umat Islam bukanlah
mereka yang beragama Yahudi dan
Nasrani, tetapi kebodohan pada umat
ini sendiri."

-Ali bin Abu Thalib-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Movie Review] Ant-Man And The Wasp

32 Pasukan Khusus Zaman Dulu Yang Disegani Musuh

Parallel Universe, Nyata Atau Hanya Sekedar Teori?